Mengenai Saya

Foto saya
Ex editor majalah yang doyan jalan jalan dan makan. Soal berat badan?!!! Jangan ditanya namanya orang doyan makan, kebayangkan?

Senin, 06 April 2009

Khasiat Secangkir Teh

TURUNKAN RISIKO STROKE DAN JANTUNG
Dalam studi yang dilakukan di Belanda disebutkan bahwa minum 4-5 cangkir teh hitam per hari dapat menurunkan hingga 70 % resiko terkena stroke. dibandingkan mereka yang mengkonsumsi 2 cangkir atau kurang. Laporan tahun 1993 menyebutkan. Banyak mengkonsumsi teh hitam berhubungan dengan rendahnya kasus serangan jantung. Studi lain menyebutkan peminum teh fanatik memiliki kadar kolesterol dan tekanan darah yang rendah. Meskipun masih belum jelas apakah semua klangsung disebabkan oleh teh.

CEGAH KANKER
Prof. Itaro Oguni dari Univ. Shizouka, Hamamatsu College, menganjurkan minum 10 cangkir teh setiap hari secara teratur, untuk emncegah kanker. Khasiat teh ini erat kaitannya dengan senyawa katekin dan flafonol, suatu komponen aktif yang telah diyakini berperan penting dalam pencegahan kanker. Dari 10 gram bubuk teh hijau (setara dengan 10 cangkir teh). diperoleh sekitar 1 gram katekin. Riset kolaboratif antara tim ahli di Oguni dan di pusat penelitian di Beijing dilakukan untuk mengetahui dampak pemberian ekstrak teh hijau pada tikus yang telah diberi ransum mengandung senyawa karsinogen (zat pemicu kanker). Angka rata-rata kanker pada tikus yang memperoleh ekstrak teh hijau hanya setengah dari tikus yang tidak diberi ekstrak teh. Para peneliti yakin bahwa katekin pada teh hijau sangat ampuh melawan sel kanker.

SUMBER KALSIUM, FOSFOR, MANGAN, KALIUM VITAMIN A, C, dan K
Teh hijau juga kaya kalsium dan fosfor yan bermanfaat menguakan tulang dan gigi. Kandungan mangan di dalamnya membantu memetabolisme gula dan kandungan kaliumnya bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Selain itu, teh hijau mengandung vitamin A, C dan vitamin K yang berperan dalam proses pembekuan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar